Contoh kasus teknik stratified random sampling

Selamat sore sahabat blogger, salam blogger Indonesia, yak pada postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit contoh dari teknik stratified random sampling, kemarin kebetulan dapat bagian membahas mengenai teknik sampling berstrata. Tadi malam juga sudah saya tulis tentang Stratified random sampling atau teknik sampling berstrata silahkan dibaca terlebih dahulu.
Ok. Langsung saja silahkan disimak tulisan dibawah ini.
  1. Dari 100 populasi pemilih pada pemilu akan diambil 100 orang sebagai sample berdasarkan usia pemilih secara propporsional.
  2. Misalkan penelitian yang dilakukan adalah pengaruh kurikulum saat ini terhadap prestasi siswa, maka dapat dilakukan dengan cara mengelompokan siswa kedalam tingkatan pandai, sedang, tidak pandai dan kemudian dari masing-masing tingkatan tersebut diambil dalam jumlah yang memadai.
  3. Proportional stratified random samplingMisalnya, populasi adalah karyawan PT. XYZ berjumlah 125. diperoleh besar sampel adalah 95. Populasi sendiri terbagi ke dalam tiga bagian (marketing, produksi dan penjualan) yang masing-masing berjumlah :
    Marketing       : 15
    Produksi         : 75
    Penjualan       : 35
    Maka jumlah sample yang diambil berdasarkan masing-masinng bagian tersebut ditentukan kembali dengan rumus n = (populasi kelas / jml populasi keseluruhan) x jumlah sampel yang ditentukan
    Marketing       : 15 / 125 x 95            = 11,4 ≈11
    Produksi         : 75 / 125 x 95            = 57
    Penjualan       : 35 / 125 x 95            = 26.6 ≈ 27
    Sehingga dari keseluruhan sample kelas tersebut adalah 11 + 57 + 27 = 95 sampel.
  4. Disproportional stratified random 
    Misalnya, populasi karyawan PT. XYZ berjumlah 1000 orang yang berstrata berdasarkan tingkat pendidikan SMP, SMA, DIII, S1 dan S2.
    Namun jumlahnya sangat tidak seimbang yaitu :
    SMP    : 100 orang
    SMA    : 700 orang
    DIII     : 180 orang
    S1        : 10 orang
    S2        : 10 orang
    Jumlah karyawan yang berpendidikan S1 dan S2 ini sangat tidak seimbang (terlalu kecil dibandingkan dengan strata yang lain) sehingga dua kelompok ini seluruhnya ditetapkan sebagai sampel
Demikian, semoga bermanfaat.
Have FUN.
2 Komentar untuk "Contoh kasus teknik stratified random sampling"

terimakasih,,, setelah dicari cari akhirnya ketemu juga contoh stratified random sampling,,, semoga bermanfaat, xie xie

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.

Back To Top