Kegunaan Statistik untuk Kehidupan, Kenapa sampai belajar staistik ?

Salam blogger Indonesia, selamat malam, artikel ini merupakan postingan pertama saya di blog ini, rencananya saya akan memulai berbgai tentang dunia statistik dari blog ini.
Ok, kita mulai dari kata Statistika, Statistika secara mudahnya dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari cara atau teknik menjawab populasi dengan sampel. Kalau Statistik itu menurutk KBBI catatan angka-angka (bilangan); perangkaan; data yg berupa angka yg dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yg berarti mengenai suatu masalah atau gejala.

Statistika, tidak semua orang mengenalnya. Kebanyakan orang, menganggap statistika itu matematika. Memang kalau dari segi substansialnya sama, tapi statistika itu jelas-jelas beda dengan matematika. Statistika memiliki keunikan tersendiri dengan ilmu yang lain. Statistika memiliki cara tersendiri dalam menyajikan ilmunya. Selain itu cara belajar statistika tentulah tidak sama dengan cara belajar ilmu yang lain. Disamping itu, statistika adalah ilmu yang bergerak di area yang sangat special di berbagai bidang kehidupan.

Statistk, hmmm sepertinya tidak asing lagi terdengar bagi para mahasiswa, saat masih SMA/MA pun statistic juga sudah mulai dipelajari di mata pelajaran Matematika, kemungkinan juga banyak dari kita yang menganggap bahwa statistik tidak ada hubunganya dengan kehidupan sehari-hari sehingga kita merasa tidak adanya gunanya mempelajari statistik ataupun pelajaran laiinya yang berhubungan dengan menghitung.
Kegunaan Statistik
Ok, disini saya ingin berbagi sedikit mengenai peran statistic dalam kehidupan kita, dan mengapa kita harus mempelajarinya,,,
Seiring dengan perkembangan zaman, statistik mulai mencakup hal-hal yang lebih luas. Cakupan statistik tidak hanya bertumpu pada angka-angka untuk pemerintahan saja, tetapi telah mengambil bagian diberbagai bidang kehidupan, termasuk penelitian-penelitian pada hampir seluruh cabang ilmu, seperti ekonomi, sains, pertanian, sosial, dan pendidikan.

Ketika statistic digunakan dengan benar dan sesuai kegunaannya, statistic itu sendiri dapat menunjukkan trend, pola, atau karakteristik dalam apa yang terjadi di masa lalu atau masa sekarang serta Statistika dapat berguna dalam memperkirakan apa yang mungkin terjadi dimasa depan.
Berikut ini beberapa contoh penggunaan statistika dalam kehidupan kita.
  1. Membuat rencana dan ramalan
    Membuat rencana dan ramalan
    Rencana dan ramalan merupakan dua hal yang diperlukan dalam pelaksanaan sesuatu, sehingga dapat diperoleh hasil yang baik dan berkualitas. Oleh karena itu, rencana dan ramalan harus baik pula. Dengan statistik, rencana dan ramalan dapat dibuat sebaik mungkin. Misalnya, rencana pembuatan perumahan untuk lima tahun mendatang dari suatu pemerintahan kota, yang dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti jumlah penduduk dan tingkat pendapatan masyarakat. Analisis data berkala mampu memberikan jawaban terbaik, Perkiraan Cuaca (Weather Forecasts) : Model komputer dari perkiraan cuaca ini dibangun dengan menggunakan Statistika yang membandingkan kondisi cuaca sebelumnya dengan cuaca saat ini untuk memperkirakan cuaca di masa depan. Berikut Model Cuaca dalam memperkirakan Cuaca.
  2. Prediksi Penyakit (Predicting Disease)
    Sangat banyak berita yang memberitakan tentang penyakit di media massa. Jika wartawan hanya melaporkan jumlah orang-orang yang memiliki penyakit atau yang telah meninggal, maka hal ini merupakan suatu fakta yang menarik tetapi mungkin tidak berarti banyak untuk hidup Anda. Tetapi ketika Statistika menjadi terlibat, Anda akan memiliki pemikiran (Mindset) yang lebih baik tentang bagaimana penyakit dapat mempengaruhi Anda. Berikut contoh penelitian mengenai Kanker Paru-Paru & Merokok.
    Prediksi Penyakit
  3. Penelitian Medis (Medical Studies)
    Ilmuwan harus menunjukkan Statistik yang valid dari tingkat efektivitas sebelum setiap obat bisa diresepkan. Terlihat bahwa Statistika berada di belakang setiap penelitian medis yang Anda dengar. Berikut Kurva Respon-Dosis untuk menentukan Dosis Obat.
    Penelitian Medis
  4. Kampanye Politik (Political Campaigns)
    Setiap kali ada pemilihan umum, stasiun berita selalu menampilkan perhitungan  cepat (Quick Count) ketika mereka mencoba untuk memprediksi siapa pemenang dalam pemilu tersebut. Quick count ini merupakan proses sampling ilmiah yang menggunakan teknik/ilmu statistika dalam proses pengambilan sampelnya.
    Penelitian Medis
  5. Pasar Saham (Stock Market)
    Topik lain yang Anda dengar banyak adalah mengenai Berita pasar saham. Analis  saham juga menggunakan model komputer Statistika untuk memperkirakan apa yang terjadi dalam perekonomian. Hal ini terkait dengan Finansial & Ekonometrika.Pasar Saham
  6. Pengujian Kualitas (Quality Testing)
    Setiap perusahaan membuat ribuan produk setiap harinya dan memastikan bahwa item produk yang diproduksi adalah Kualitas yang Baik. Namun, perusahaan tidak dapat menguji setiap item yang mereka kirimkan kepada konsumen. Jadi perusahaan menggunakan Statistika untuk menguji hanya beberapa item (sampel) yang mereka buat. Jika sampel melewati pengujian kualitas, maka perusahaan mengasumsikan bahwa semua item yang dibuat dalam kelompok memiliki kualitas yang baik. Hal ini terkait dengan Quality Control & Quality Assurance. Berikut Peta Kendali Kualitas untuk Cacat Item Produk yang di produksi oleh perusahaan Manufaktur.
    Quality Assurance
  7. Barang Konsumsi (Consumer Goods)
    Super Market atau pengecer terkemuka di seluruh dunia, terus menjaga produk yang mereka jual dan menggunakan Statistika untuk men-manage kebutuhan toko. Hal ini terkait dengan Riset Marketing yang berusaha untuk mengetahui informasi mengenai Target Market. Berikut diagram jalur tentang Kepuasan Pelanggan.
    Barang Konsumsi
  8. Asuransi (Insurance)
    Untuk mengemudikan mobil, secara hukum, pengemudi diminta memiliki asuransi mobil. Tingkatan perusahaan asuransi dalam membayar pengemudi didasarkan pada Statistika. Asuransi merupakan bagian dari disiplin ilmu Aktuaria. Aktuaria sendiri memiliki spesialis seperti klaim rasio, rancang produk, penetapan loading, monthly report, dll. Statistika banyak berperan dalam klaim rasio dan rancang produk..
    Asuransi
  9. Mengatasi berbagai perubahanPerubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu pengambilan keputusan tidak mungkin dapat diabaikan atau dihindarkan, supaya pihak-pihak lain tidak ada yang dirugikan. Dengan statistik, perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi sedini mungkin.
0 Komentar untuk "Kegunaan Statistik untuk Kehidupan, Kenapa sampai belajar staistik ?"

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.

Back To Top