Sepenggal Kisah Perjalanan dan Pengalaman Magang di PT SAS INSTITUE

Portal-Statistik | Berbicara magang atau Kerja Praktek sudah erat kaitannya dengan mahasiswa tingkat akhir yang sudah siap menguji cobakan ilmu yang didapatkan dari bangku perkuliahan. Di Jurusan Statistika Universitas Islam Indonesia, Magang atau biasa kita kenal dengan Kerja Praktek atau Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu syarat wajib untuk bisa lulus kuliah. Dalam kurikulum jurusan Statistika UII tentang Kerja Praktek sudah diatur sehingga setiap mahasiswa wajib melaksanakannya.

Dalam buku panduan Kerja Praktek dan Tugas Akhir jurusan Statistika UII dijelaskan bahwa Kerja Praktek (KP) merupakan suatu kegiatan pengamatan dan praktek tentang penerapan ilmu Statistika di suatu instansi atau industry tertentu yang dilakukan oleh seorang mahasiswa Jurusan Statistika yang memenuhi persyaratan tertentu.

Suatu Pengamatan yang dimaksud adalah suatu proses dimana mahasiswa melihat, menelaah, dan memahami penerapan ilmu Statistika yang telah mereka peroleh. Sedengkan Kerja Praktek yang dimaksud adalah suatu proses dimana mahasiswa melakukan tindakan bekerja secara langsung dalam bentuk mengumpulkan data, mengolah, dan menganalisis data sesuai dengan permasalahan dan metode statistika.

Oke sekarang saya mau berbagai cerita sedikit tentang pengalaman apa saja yang saya dapatkan selama melaksanakan Magang atau Kerja Praktek di PT SAS Institute.
Kantor PT SAS Institute saat ini berada di Gedung Sampoerna Strategic Square, South Tower 19th Floor. Jl. Jend. Sudirman Kav. 45-46 Jakarta 12930 Indonesia. Disinilah saya melaksanakan Magang selama satu bulan penuh mulai dari tanggal 9 Februari – 9 Maret 2015.
Gedung Sampoerna Strategic Square, PT SAS Institue ada di Lantai 19

Di dalam kantor PT SAS Institue :D
 Key in RAS semester 5 saya putuskan untuk mengklik Kerja Praktek, dari sinilah awal dari kebingungan sebagian besar mahasiswa untuk memilih dan memilih tempat untuk melaksanakan kerja praktek, ada yang melaksanakan di perusahaan keluarga, instansi pemerintahan, perusahaan swasta, perusahaan asing, perbankan, lembga survei dan banyak lagi varian yang bisa dipilih sebagi tempat untuk KP.

Ditengah-tengah kebingungan tersebut 2 orang teman mengajak untuk melaksanakan KP di PT SAS Institue padahal waktu itu saya ingin melaksanakan KP di daerah saya saja dengan alasan bisa pulang kampung, heheh.

Okelah saat itu saya coba untuk menghubungi langsung beberapa perusahaan yang kira-kira bisa menerima mahasiswa untuk melaksanakan KP. Saat itu saya menghubungi beberapa perusahaan via email terlebih dahulu seperti PT SAS Institute, IBM SPSS, Google, dan beberapa instansi pemerintahan yang sudah saya siapkan jika tidak diterima di perusahaan.

Yang merespon pertamakali waktu itu adalah PT SAS Institu, nah darisanalah mulai perbincangan mengenai penerimaan kp di perusahaan, kriteria, dan sebagainya.

Pelaksanaan magang di PT SAS Institue prosedurnya tidak terlalu ribet, waktu itu saya hanya mengirimkan surat rekomendasi pelaksanaan KP dari dekan, kemudian mengisi beberapa form yang diberikan oleh SAS, proses pelaksanaan ini memakan waktu cukup lama sekitar 2-3 bulanan. Singkat cerita setelah email-emailan sama pihak sana akhirnya dinyatakan diterima.
Alhamdulillah, bersyukur sekali…

Jadi apa yang harusnya dipersiapkan sebelum magang atau Kerja Praktek?

Pertama, estimasikan waktu untuk menghubungi perusahaan, 3-4 bulan sebelum pelaksanaan KP setidaknya sudah ada perbincangan via email atau telepon dengan pihak perusahaan. Karena perusahaan juga harus melaksanakan perizinan untuk menerima kita melaksanakan KP atau magang disana. Terlebih jika perusahaan tersebut adalah perusahaan luar negeri, memang waktu harus benar-benar dipersiapkan.

Kedua,
Persiapkan cadangan atau alternatif lain jika risiko terburuk kita tidak diterima magang disana atau bahkan tidak direspon sama sekali.

Ketiga, Jalin komunikasi dengan baik dengan pihak perusahaan, gunakan Bahasa resmi dan santun saat mengirimkan email, gunakan email resmi juga, karena perusahaan dapat menilai dari berbagai pandangan terkait orang yang melaksanakan KP diperusahaannya. Bicarakan dan tanyakan kejelasan semuanya supaya tidak ada permasalahan saat pelaksanaan KP.

Keempat,
ini penting, cari tahu tentang perusahaan tersebut, bisa jadi dia akan menanyakan about company kepada kamu saat pertama kali kesana, itu yang saya alami dulu heheh.
Jangan lupa persiapkan materi yang bisa anda kuasai yang bisa diterapkan di perusahaan karena bisa jadi pihak perusahaan akan meminta untuk melaksanakan sesuatu yang belum pernah kita lakukan. Terima saja dan belajarlah disitu. Jangan malu untuk bertanya.
Magang di sebuah perusahaan memang memiliki tekanan dan dikejar target harus selesai besok , selesai sekarang dan sebagainya, banyak hal yang diminta untuk dikerjakan bahkan yang belum kita ketahui sekalipun.  Oleh sebab itu persiapkan pengetahuan tentang ilmu kejuruan yang matang supaya tidak kelabakan waktu disana.
Saat pelaksanaan KP ada baiknya mengajak teman juga 2 atau 3 orang dalam satu tempat supaya ada lawan diskusi dan tidak bingung sendiri.

Baru sadar, kok tulisan ini melenceng dari judul ya, persaan tadi diatas nulisnya Sepenggal Kisah Perjalanan dan Pengalaman Magang di PT SAS INSTITUE, kok malah jadi tips pelaksanaan magang atau kerja praktek yaa hahaha,,, Jam bodoh berlaku sekarang pukul 01.09 WIB. Haha.

Pokoknya intinya begitulah, saya mangan di PT SAS Institute, kantornya ada di gedung sampeoerna di Jakarta Selatan daerah Jl Sudirman sana, saya magang di SAS berdua dengan Aris waktu itu, kami ngekos disana dengan biaya yang cukup mahal heheh, kalau keluar main pasti kena macet maklum Jakarta, buat yang baru pertama merasakan hiruk pikuknya Jakarta hati-hati saja, disana perjalanan kemana-mana dimudahkan dengan adanya Transjakarta, Alhamdulillah magang di SAS dapat uang saku hehe.

Demikianlah, semoga bermanfaat buat yang baca, admin sudah ngantuk, maaf mungkin ada salah-salah ketik atau salah kata-kata waktu nulis, gak sempat baca ulang langsung publish.
Thanks Fot Visit.
Have FUN.
0 Komentar untuk "Sepenggal Kisah Perjalanan dan Pengalaman Magang di PT SAS INSTITUE"

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.

Back To Top