Analisis Faktor dengan SPSS Lengkap

Portal-Statistik | Selamat siang kawan blogger, kembali lagi nih portal statistik berbagi kepada sobat blogger sekalian tentang analisis faktor dengan SPSS, dalam postingan sebelumnya juga sebenarnya analisis faktor atau biasa dikenal dengna Principle Component Analysis (PCA) sudah diposting, silahkan bisa di lihat di Langkah-Langkah Analisis Faktor / Principal Component Analysis (PCA) dengan R, Interpretasi Hasil Analisis Faktor dan Penjelasan Tentang Analisis Faktor dan Principal Component Analysis (PCA).

Nah pada postingan ini sebenarnya sama saja, hanya yang digunakan adalah aplikasi atau software yang berbeda, jika yang postingan sebelumnya menggunakan aplikasi R, namun pada postingan kali ini menggunakan software SPSS. Silahkan mana yang menurut kawan-kawan lebih mudah untuk digunakan yaa silahkan digunakan heheh.

Mari kita mulai. Let's Go...
  1. Pertama silahkan buka aplikasi SPSS teman-teman terlebih dahulu, saya disini menggunakan SPSS versi 22.
  2. Masukkan variabel dan data yang digunakan pada SPSS.
  3. Pilih Analyze – Dimension Reduction - Factor. Maka akan muncul jendela Factor Analysis
  4. Klik button Descriptives, pada bagian Correlation Matrix beri tanda cek pada Coefficient, Significan levels,  Invers, Anti-image dan KMO and Bartlett’s test of sphericity. Kemudian klik Continue.
  5. Kemudian klik pada button Extraction Pilih Correlation matrix dan pada bagian Display beri tanda ceklist pada kedua pilihan. Untuk Extract pilih kriteria ekstaksi (Extraction) berdasarkan nilai eigenvalue, yaitu Eigenvalues over: 1. Klik Continue.
  6. Klik button Rotation lalu pilih Varimax dan pada Display pilih Rotated Solution. Klik Continue
  7.  Klik button Scores, lalu beri tanda ceklist pada Save as Variables dengan Method: Regression dan Display factor score coefficient matrix, agar kita bisa melihat nilai variabel/faktor baru yang terbentuk. Klik Continue.
  8. Setelah itu klik OK.
Selesai, gampangkan,? untuk interpretasi hasil outputnya sama saja dengan interpretasi yang menggunakan aplikasi R, silahkan bisa dilihat penjelasan output analisis faktor bisa dilihat disini.


Demikian, Terimakasih atas kunjungan anda !
Have FUN.
0 Komentar untuk "Analisis Faktor dengan SPSS Lengkap"

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.

Back To Top