Tips dan Trik Key In RAS Online Universitas Islam Indonesia

Portal-Statistik. Hello, What's up guys ! Oke kembali lagi bersama Portal-Statistik, artikel ini sebenarnya sudah lama sekali sejak masih aktif kuliah mau saya tulis dan bagikan ke teman-teman yang kuliah di UII. Bagaimana tips dan trik menghadapi key in RAS Online UII.

Sudah menjadi rahasia umum dari zaman nenek moyang mungkin haha jika mendekati waktu key in ras online semua mahasiswa UII mulai khawatir dengan key in ini, karena apa key in ini dapat menentukan hidupmu satu semester kedepan hahaha serius ini. Jika gagal key in maka jadwal yang sudah kamu susun dengan baik dan rapi seketika akan musnah, kamu akan mendapatkan kelas yang acak, waktu yang acak dalam sehari serta kuliahmu dari hari senin-sabtu hahaha, sungguh mengerikan bukan?

Contohnya gini. sebelum proses key in RAS biasanya dari pihak akademik masing-masing fakultas meng-upload keseluruhan jadwal kuliah, terus kamu menyusunnya dengan rapi kuliahmu dari hari senin-kamis dengan niat hari jumat-minggu dapat liburan weekend. Dan ternyata yang kamu dapatkan sebaliknya, kuliahmu dari senin-sabtu, dalam satu hari waktunya loncat-loncat kayak katak, kuliah pukul 07.00-9.30, loncat lagi dari pukul 13.00-14.30 loncat lagi pukul 16.00-17.00 (cuma misal aja) sangat menyakitkan bukan, ini jadwal angker bin horor hahha. Oleh sebab itu kamu jangan sampai salah dan gagal key in mengatur jadwal sesuai keinginanmu, kamu butuh tips and trik sedikit supaya langkahmu key in bisa lancar.


Dalam key in ini beragam masalah yang diderita oleh teman-teman kita, mulai dari masalah klasik tidak bisa login, loginnya selalu time out alias log out sendiri, sekali klik prosesnya lama, loading muter-muter gitu di browser, login sudah terlalu banyak dan banyak maslah yang sering diderita. Ya wajarlah seperti itu, ibaratnya sebuah pintu dan begitu banyak orang yang ingin masuk situ ya perebutan tempat yang terjadi. sampai-sampai banyak teman-teman kita booking warnet dari pagi sampai sore, gila kan perjuangan yang namanya key in ini haha.

Alhamdulillah saya sejak semester 2-7 selama key in selalu berhasil dengan jadwal yang saya inginkan. Hanya disemester 2 saya polos tidak menggunakan trik dalam key in, yaa maklumlah masih MABA haha, sebelebihnya semuanya pakai trik.

Oke kalau dulu saat saya semester 3,4,5 yang kita manfaatkan adalah SUSYS (Suplemen Unisys) ini aplikasi berbasis web besutan dari mahasiswa UII yang namanya Timur Sahadewa, ini aplikasi sejenis robot key in, jadi kalau dulu kita key in itu enak, misalnya besok kita key in, malam ini kita bisa key in duluan klak-klik jadwal yang kita mau, dan besoknya 30/15 menit sebelum waktu key in dimulai kita tinggal mengaktifkan Login Session dari unisys, SUDAH SELESAI kita tidak perlu melakukan apapun, robot key in itu yang melakukanya sendiri, kita tinggal terima beres, tidak ada tegang-tegangan, just enjoy it, seperti slogannya susys KEY IN SANTAI KAYAK DI PANTAI. haha

Namun sayang sekali, setelah mahasiswa yang mengelola aplikasi berbasis web itu LULUS, bersamaan dengan itu aplikasi ini juga di non-aktifkan sama sang pencipta, banyak sekali yang menyangkan mas Timur menutup aplikasinya padahal kalau menurut saya ini sangat berguna, dulu saya liat sangat banyak sekali komentar minta aplikasi itu dihidupkan kembali sampai ada yang bilang gerakan seribu like untuk mas Timur mau menghidupkan kembali aplikasinya.

Ok Well, kita tidak sedang membahas aplikasi itu sekarang, ada salah satu cara lagi supaya kita bisa agak lancar key in. Trik ini sebenarnya sudah banyak diketahui dan diterapkan oleh mahasiswa UII, namun tidak ada salahnya mungkin ada yang belum mengetahuinya.


Jadi yang kita gunakan adalah sejenis Ads-on dari Mozilla Firefox, ikuti aja langkah dibawah ini !
  1. Sediakan KOPI diatas Meja, karena kalau gak ngopi gak UUU... haha itu kata Raditya Dika
  2. Usahakan laptop yang kamu gunakan speknya agak tinggi, yang agak tinggi RAMnyalah, pokonya yang gak error kalau kita buka banyak tab.
  3. Install Add-ons "Reload Every" di Modzila kamu. Klik menu Tools - Add-ons atau langsung saja klik Ctrl+Shift+A kemudian tuliskan "Reload Every" - Enter - Install
  4. Setelah proses instalasi selesai, Restart Mozilla kamu. Sekarang kamu siap Key in
  5. Pastikan kamu sudah berada di depan laptop atau komputer 30 menit sebelum waktu key in dimulai. Ok Sekarang buka jadwal yang telah kamu susun semalam
  6. Hitung berapa jumlah matakuliah yang akan kamu ambil semester ini, misalnya 8 mata kuliah. Jadi akan ada 8 tab Mozilla yang akan kamu buka nantinya.
  7. Silahkan menuju menu Key-in RAS, pilih mata kuliah dan kelas yang kamu inginkan pada satu tab, INGAT satu tab untuk satu mata kuliah. Lakukan seterusnya sampai di 8 tab yang telah kamu buka.
    ini artinya kamu key in duluan meskipun belum masa key in, kamu sudah ngantri duluan depan pintu meskipun pintu belum dibuka.
  8. Sekrang jika waktunya masih 30 menit menuju waktu key ini, kamu bisa setting Add-ons nya menjadi 30 Sec. Caranya klik kanan pada tab yang tadi kamu buka dan pilih Reload Every 30 sec.
    Ini supaya beban kinerja laptopmu gak terlalu berat karena waktu masih lumayan lama, dan nanti setelah 15 atau 10 menit lagi waktu key in, setting kembali Reload Every 10 Sec. INGAT! Setting di semua Tab.
  9. Nah dengan begitu, nanti setelah waktu key in dimulai kamu tidak perlu lagi gemeteran keringat dingin klak-klik buat milih kelas, kamu tinggal nonton aja tu aplikasi berjalan.
  10. Gimana gampangkan ? Reload Every itu dimaksud untuk menjaga kita tetap login di sistem unisys, karena sistem unisys ada waktu time out nya jika kita tidak berakfitaas pada sistemnya dia otmatis mengeluarkan kita dari sistem alias log out. Dan aplikasi ini membantu kita meReload banyak tab dalam sekali waktu.
Sudah, So Simple kan key in itu? tidak seperti yang kamu bayangkan haha !
Ok, semoga bermanfaat

HAVE FUN !
0 Komentar untuk "Tips dan Trik Key In RAS Online Universitas Islam Indonesia"

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.

Back To Top